Periklanan dan Proses Pemasaran

Pemasaran (menurut American Marketing Ascosiation)
adalah “suatu proses perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi, harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan
individu dan organisasi”.

Dasar Proses Pemasaran
1. Human needs and wants
- needs -> biologycal cause, personal, internal
- wants -> social learning, cultural, external
2. Objects -> memiliki physical and subjective qualities
3. Exchange
syarat pertukaran:
- objects with mutual values
- communication and delivery
- freedom to accept or to reject
4. Market -> sbg tempat proses pertukaran

Selling & Marketing Concept
 Selling concept
1. Fokusnya pada
kebutuhan penjual
2. Didominasi oleh
keinginan penjual utk
mengubah barang
dagangannya mjd uang
tunai (only get money,
there’s no
responsibility)

 Marketing concept
1. Fokusnya pada kebutuhan
pembeli
2. Dilandasi oleh kepuasan
pembeli (produk &
seluruh kegiatan yg
berkaitan dg proses
pembuatan, penyampaian
& penggunaan). Feedback -> pembelian

Marketing Mix = 4P

PRODUCT
*Design & development
*Branding
*Packaging

PRICE
*Price Copy
*Psychological Pricing
*Price Lining

PLACE
*Distrubution Channels
*Marketing coverage

PROMOTION
*Personal Selling
*Advertising
*Sales Promotion
*Direct Marketing
*PR & Publicity
*Point of Sales
*IMC

Product Component

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Periklanan

MENGENAL DUNIA PERIKLANAN

Definisi Periklanan
 Suatu bentuk komunikasi non personal melalui media massa yang dibayar oleh sponsor/pengiklan yang dikenal dengan tujuan mempengaruhi khalayak.(American Marketing Asscociation).

- Is paid, nonpersonal communication through various media by a business firm, not-for-profit organization, or individual identified in the message with the hope of informing or persuading members of a particular audience (Boone & Kurtz: Contemporary Marketing WIRED)

- Is a method of delivering a message from a sponsor, through an impersonal medium, to many people (Kleppner’s advertising procedure)

Peranan Periklanan
1.Peran Pemasaran
Marketing Mix - Marketing Communication
Program  - Promotion Mix

2.Peran Komunikasi
sebagai salah satu bentuk komunikasi massa

3.Peran Ekonomi
- The Market Power School
- The Market Competition School

4.Peran Sosial
- to inform
- to educate

Fungsi Periklanan

  1.  Memberikan identifikasi dan diferensiasi
  2.  Sebagai media informasi
  3.  Alat persuasi dan stimulasi
  4.  Mendidik khalayak
  5.  Menciptakan opini & kondisi
  6.  Mendorong distribusi
  7.  Membentuk preferensi & loyalitas
  8.  Menghibur


Jenis-jenis Periklanan
1. Brand Advertising
- Produk untuk dikonsumsi masyarakat luas
- Berskala nasional (bahkan internasional)
- Membentuk identitas dan citra merek

2. Retail Advertising
- Berskala regional/lokal
- Membentuk identitas & citra toko penjual

3. Political Advertising
- Untuk tujuan politis
- Untuk membentuk citra dan opini
- Bersifat propaganda

4. Directory Advertising
- Dalam bentuk direktori yang berstruktur
- Berbentuk buku/katalog
- Sebagai bahan referensi

5. Direct Response Advertising
- Tanggapan langsung
- Menghubungkan penjual & pembeli secara eksklusif
- Selektif

6. Business to Business Advertising
- Untuk kalangan tertentu/profesional
- Antar lembaga

7. Institutional Advertising
- Mengiklankan perusahaan/institusi
- Membentuk identitas korporasi/corporate identity
- Membentuk citra & opini

8. Public Service Advertising
- Berlandaskan itikad baik (goodwill)
- Nonkomersial



Pihak yang Terkait dalam Periklanan
1.  The Advertiser/Pengiklan (produsen, pedagang, individu,
institusi)
2. The Advertising Agency (jasa profesional di bidang
perencanaan, pembuatan, dan pemasangan iklan)
3.  The Media/Communication Channel (printted media
house, broadcast media house, outdoor media house)
4. Vendors/Suplier (production house, printing company,
consultant, research bureau)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Promosi WOM (Word Of Mouth)

WOM (Word Of Mouth)
Fact :
93%  : Konsumen percaya referensi dari orang yang dikenal
76%  : Konsumen tidak percaya kejujuran iklan

Apakah WOM ?

WOM adalah kegiatan untuk membuat konsumen MEMBICARAKAN , MEMPROMOSIKAN, dan mau MENJUAL merk kita kepada orang lain.

Alasan memilih WOM ?
- Menjual lebih VS Biaya Lebih
- Convincing VS Confusing
- Produk yang dibicarakan pasti menarik
- WOM jauh lebih murah
- Terkesan nyata
- Involving consumers, not only telling

Mengapa mau SHARING?
-Merasa murah hati/peduli dengan sharing
-Merasa smart jika sharing
-Ingin pencetus ide sukses
-Tak punya pilihan lain
-Keuntungan Financial
-Service berguna jika banyak yang pakai
-Kagum atau terpesona dengan idenya

WOMM Level I : Konsumen mau menceritakan produk kita
-Telling-
mengapa konsumen tidak mau membicarakan produk kita?
jawaban: karena tidak menarik

Cerita Apa ?
cerita yang digemari manusia, yaitu :
1. Tabu/ kontroversi. Contoh: esia BisPak
2. Menumpang isu bola salju
3. Kontradiktif
4. Hal yang menghawatirkan
5. Menginspirasi
6. David VS Goliath
7. Ritual
8. Kemewahan

WOMM Level II : Konsumen mau mempromosikan Produk kita
 Berikan alat promosi yang bisa disebarkan.
(TRANSFERABLE KIT)
- Pass-along tools
- Free stuff (hadiah gratis)
- Customized design
- Komunitas

WOMM Level III : Konsumen mau menjual Produk kita
SELLING
agar konsumen mau membantu penjualan:
1. Berikan sesuatu untuk dijual
2. Manfaatkan jaringan pertemanan konsumen
3. Berikan penghargaan
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Memulai Bisnis Desain Grafis

Memulai Bisnis DG

Bisnis DG
1. Pemecahan masalah ekspresi diri & ekspresi pribadi, mengatasi masalah bisnis & komunikasi.
2. Bukan hanya membuat desain sesuai permintaan klien, tapi juga layanan strategis & konsultasi pada klien untuk lingkunan kompetitif
3. Dinilai dan dihargai berdasarkan estetika desain dan sasaran bisnis yang spesifik
4. Melibatkan beragam media : cetak, elektronik, online, luar ruang.
5. Membutuhkan team work dan bermacam disiplin ilmu

Bisnis DG
1. Perencanaan bisnis : Perkiraan modal
2. Sumber daya : manusia dan peralatan
3. Keahlian : kualitas

Perencanaan Bisnis
-Deskripsi singkat estimasi modal yang dibutuhkan (alat,SDM,tempat) -> sasaran dan tujuan bisnis.
-Memberi gambaran jelas seluk beluk bisnis -> memudahkan arah haluan bisnis dan cara mencapainya.
-Berfungsi untuk memudahkan dalam menjalankan usaha.
Sebagai pedoman dan mengukur sejauh mana keberhasilan bisnis yang telah dicapai.
-Analisa SWOT -> strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis, serta mengerahkan situasi yang ada.

Perkiraan modal
-Sebagai portal untuk memulai bisnis
-Mendukung kompetensi bidang DG dan kemampuan bisnis
-Besar kecilnya tergantung skola bisnis yang dijalankan
-Komponen:
1. Peralatan tetap: komputer, internet, meja, kursi, dll.
2. Tempat usaha: ruang kerja, untuk meeting (pribadi,rahasia)
3. Ijin usaha: legal secara hukum, bayar pajak
4. SDM : ahli dan terampil ->kualitas desain
5. Promosi : melalui berbagai media agar dikenal

Sumber daya yang diperlukan
1. SDM:
-Sebagai pelaksana bisnis (owner & employee)
-Latar belakang pendidikan yang sesuai dan kompeten
-Personality, attitude,loyalitas
-Reward yang sesuai level dan beban kerja serta prestasi

2. Sumber Daya Peralatan
-Komputer dan printer dengan spek tertentu
-Software grafis
-Menunjang waktu pengerjaan

3. Kemampuan Yang Harus Dimiliki
-Mampu menemukan dan mengembangkan ide kreatif kedalam media gambar yang komunikatif dan informatif
-Latar belakang pendidikan formal dan nonformal
-Practice Make Perfect
-Mempengaruhi kualitas desain ->harga
-Sang ahli -> paham teori dan jago praktik -> desain komunikatif dan informatif, bukan sekedar kombinasi gambar, teks dan warna saja.

Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Klien (pelanggan)
1. Sistem keluhan dan saran -> Kuesioner
2. Survey kepuasan pelanggan secara berkala
3. Ghost shopping atau Mistery Shopper 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cashflow Quadran


Cashflow Quadran
Seorang pengusaha mempunyai tipenya masing-masing, berikut merupakan tipe macam-macam seorang wirausaha:
Quadran Employee
·         Kunci : keamanan finansial dengan punya pekerjaan.
·         Mencari pekerjaan aman, gaji tinggi, tunjangan bagus, mendapat uang pensiun.
·         Semakin tinggi kebutuhan, semakin harus bekerja keras
·         Walau rejeki  dari Tuhan, gaji ditentukan oleh orang lain.
·         Terjebak dirutinitas yang membosankan.

Quadran Self Employee
·         Kunci:  keamanan finansial dengan emiliki pekerjaan.
·         Tak ingin di dikte, ingin semua control ada ditangannya.
·         Umumnya cinta detail dan perfectionist.
·         Makin banyak order, makin sibuk.
·         Pengembangan klien terbatas, penghasilan terbatas.
·         Dirinya adalah pusat sistem usahanya.


Quadran Business Owner
Kunci: kebebasan  finansial dengan memiliki sistem dan SDM
Fokus: pada SISTEM, bukan Produk
Fokus: pada PELUANG, bukan UANG
Tantangan: membangun SISTEM dan SDM
Action: sesegera mungkin meninggalkan keterlibatan dalam jalannya bisnis.

Quadran Investor
Kunci: Kebebasan Finansial dengan mempekerjakan uang
Fokus: bagaimana membuat uang bekerja untuknya
Action: menginvestasikan uangnya pada bisnis orang lain atau hal lain




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tugas : Brand Equity Blackberry


Brand Equity Blackberry

Philip kotller mendefinisikan brand equity sebagai sejumlah asset dan liabilities yang berhubungan dengan merek,nama,dan symbol yang menambah atau mengurangi nila dari produk atau pelayanan bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan.
BlackBerry masih menjadi smartphone favorit di Indonesia ditengah persaingan ketat smartphone yang lain. Angka pertumbuhan BlackBerry di Indonesia sangat cepat, diperkirakan lebih dari 2 juta pengguna diakhir tahun 2010 dan hingga kini diperkirakan 4 juta pengguna BlackBerry di Indonesia. Walau tidak semua orang menggunakan BlackBerry, namun dengan semakin populernya BlackBerry sehingga orang mengira semua menggunakan BlackBerry. Selain itu blackberry memberikan fitur yang cukup mencukupi kebutuhan pelanggannya sehingga memberikan rasa kepercayaan dan kenyamanan saat memakai produk tersebut. Karena Brand Equity yang kuat akan menimbulkan rasa Nyaman serta meningkatkan keyakinan dalam penggunaan,dan akhirnya akan tercipta kepuasan bagi pelanggan.
1.    Awareness Blackberry
Blackberry di perkenalkan ke Indonesia saat indonesia sedang di gempar-gemparkan dengan diangkatnya Obama sebagai presiden A.S.  kemudian pihak NSA (National Security Agency) bekerjasama dengan RIM  (Research In Motion), selaku perusahaan pembuat BlackBerry, membuat BlackBerry yang diproteksi secara khusus buat Obama. Ini menyentakkan rakyat Indonesia yang pada saat itu memang sedang fokus ke Obama dan segala tindakannya. Indonesia lantas tersentak dengan tindakan Obama itu dan segera mencari tahu apa sebenarnya BlackBerry itu dan apa hebatnya sampai Obama tidak bisa lepas dengan itu. Dalam waktu singkat, kurang dari hitungan bulan, rakyat Indonesia berbondong-bondong menyerbu BlackBerry sambil mencari tahu apa kehebatan dari BlackBerry sampai pada akhirnya BlackBerry terkenal dan sudah menjadi gaya hidup seperti sekarang ini di Indonesia.
2.    Association Blackberry
Produk Blackberry di pandangan penggunanya sudah merupakan kebutuhan pokok dimana dengan adanya BBM merupakan sebagai pengganti alat komunikasi mereka dalam kehidupan dan merupakan kehidupan sosial mereka dengan lingkungan. Selain itu Blackberry salah satu brand terkenal di Indonesia dan penggunanya kian meningkat sehingga banyak informasi-informasi penting yang di share lewat BBM.
3.    Loyalty Blackberry
Konsumen pengguna Blackberry mempunya ketertarikan masing-masing dalam menggunakan produk Blackberry. Baik dia tertarik dalam segi desain ,features, ke-pratisannya,manfaatnya, atau karena kegengsiandengan lingkungan dan sebagainya.
4.    Perceived Quality Blackberry
Dari segi ke unggulan, blackberry unggul dalam Blackberry Mesangger atau yang sering di sebut sebagai BBM. Sebagian besar orang indonesia menganggap bahwa BBM sangat penting dalam berkomunikasi, mendapatkan info lowongan kerja, berbisnis dan sebagainya. Sehingga keunggulan dari Blackberry ini kerap di tiru oleh produk mobile phone lainnya seperti Nexian Mesangger , dll.
5.    other assets
1.    Keunggulan Bersaing
Blackberry mampu bersaing dengan merk Handphone lainnya walaupun jika di bandingkan dengan handphone lain blackberry hanya unggul dari segi BBM saja. Sedangan dari segi yang di katakan dengan label “smartphone” Blackberry masih kalau jauh dibandingkan dengan android, iphone dsb.
2.    Merk Dagang
Menjadi merk dagang yang paling terlaris di Indonesia karena pengguna Blackberry terus meningkat, sehingga mengubah presepsi penggunanya bahwa semua orang pasti memakai blackberry dengan selalu menanyakan nomor PIN terlebih dahulu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS