Tugas : Brand Equity Blackberry


Brand Equity Blackberry

Philip kotller mendefinisikan brand equity sebagai sejumlah asset dan liabilities yang berhubungan dengan merek,nama,dan symbol yang menambah atau mengurangi nila dari produk atau pelayanan bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan.
BlackBerry masih menjadi smartphone favorit di Indonesia ditengah persaingan ketat smartphone yang lain. Angka pertumbuhan BlackBerry di Indonesia sangat cepat, diperkirakan lebih dari 2 juta pengguna diakhir tahun 2010 dan hingga kini diperkirakan 4 juta pengguna BlackBerry di Indonesia. Walau tidak semua orang menggunakan BlackBerry, namun dengan semakin populernya BlackBerry sehingga orang mengira semua menggunakan BlackBerry. Selain itu blackberry memberikan fitur yang cukup mencukupi kebutuhan pelanggannya sehingga memberikan rasa kepercayaan dan kenyamanan saat memakai produk tersebut. Karena Brand Equity yang kuat akan menimbulkan rasa Nyaman serta meningkatkan keyakinan dalam penggunaan,dan akhirnya akan tercipta kepuasan bagi pelanggan.
1.    Awareness Blackberry
Blackberry di perkenalkan ke Indonesia saat indonesia sedang di gempar-gemparkan dengan diangkatnya Obama sebagai presiden A.S.  kemudian pihak NSA (National Security Agency) bekerjasama dengan RIM  (Research In Motion), selaku perusahaan pembuat BlackBerry, membuat BlackBerry yang diproteksi secara khusus buat Obama. Ini menyentakkan rakyat Indonesia yang pada saat itu memang sedang fokus ke Obama dan segala tindakannya. Indonesia lantas tersentak dengan tindakan Obama itu dan segera mencari tahu apa sebenarnya BlackBerry itu dan apa hebatnya sampai Obama tidak bisa lepas dengan itu. Dalam waktu singkat, kurang dari hitungan bulan, rakyat Indonesia berbondong-bondong menyerbu BlackBerry sambil mencari tahu apa kehebatan dari BlackBerry sampai pada akhirnya BlackBerry terkenal dan sudah menjadi gaya hidup seperti sekarang ini di Indonesia.
2.    Association Blackberry
Produk Blackberry di pandangan penggunanya sudah merupakan kebutuhan pokok dimana dengan adanya BBM merupakan sebagai pengganti alat komunikasi mereka dalam kehidupan dan merupakan kehidupan sosial mereka dengan lingkungan. Selain itu Blackberry salah satu brand terkenal di Indonesia dan penggunanya kian meningkat sehingga banyak informasi-informasi penting yang di share lewat BBM.
3.    Loyalty Blackberry
Konsumen pengguna Blackberry mempunya ketertarikan masing-masing dalam menggunakan produk Blackberry. Baik dia tertarik dalam segi desain ,features, ke-pratisannya,manfaatnya, atau karena kegengsiandengan lingkungan dan sebagainya.
4.    Perceived Quality Blackberry
Dari segi ke unggulan, blackberry unggul dalam Blackberry Mesangger atau yang sering di sebut sebagai BBM. Sebagian besar orang indonesia menganggap bahwa BBM sangat penting dalam berkomunikasi, mendapatkan info lowongan kerja, berbisnis dan sebagainya. Sehingga keunggulan dari Blackberry ini kerap di tiru oleh produk mobile phone lainnya seperti Nexian Mesangger , dll.
5.    other assets
1.    Keunggulan Bersaing
Blackberry mampu bersaing dengan merk Handphone lainnya walaupun jika di bandingkan dengan handphone lain blackberry hanya unggul dari segi BBM saja. Sedangan dari segi yang di katakan dengan label “smartphone” Blackberry masih kalau jauh dibandingkan dengan android, iphone dsb.
2.    Merk Dagang
Menjadi merk dagang yang paling terlaris di Indonesia karena pengguna Blackberry terus meningkat, sehingga mengubah presepsi penggunanya bahwa semua orang pasti memakai blackberry dengan selalu menanyakan nomor PIN terlebih dahulu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar