Brand Equity
Blackberry
Philip kotller mendefinisikan brand equity sebagai sejumlah asset dan liabilities yang berhubungan dengan merek,nama,dan symbol yang menambah atau mengurangi nila dari produk atau pelayanan bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan.
1.
Awareness Blackberry
Blackberry di perkenalkan ke Indonesia
saat indonesia sedang di gempar-gemparkan dengan diangkatnya Obama sebagai
presiden A.S. kemudian pihak NSA (National Security Agency) bekerjasama
dengan RIM (Research In Motion), selaku
perusahaan pembuat BlackBerry, membuat BlackBerry yang diproteksi secara khusus
buat Obama. Ini menyentakkan rakyat Indonesia yang pada saat itu memang
sedang fokus ke Obama dan segala tindakannya. Indonesia lantas tersentak dengan
tindakan Obama itu dan segera mencari tahu apa sebenarnya BlackBerry itu dan
apa hebatnya sampai Obama tidak bisa lepas dengan itu. Dalam waktu singkat,
kurang dari hitungan bulan, rakyat Indonesia berbondong-bondong menyerbu
BlackBerry sambil mencari tahu apa kehebatan dari BlackBerry sampai pada
akhirnya BlackBerry terkenal dan sudah menjadi gaya hidup seperti sekarang ini
di Indonesia.
2.
Association Blackberry
Produk
Blackberry di pandangan penggunanya sudah merupakan kebutuhan pokok dimana
dengan adanya BBM merupakan sebagai pengganti alat komunikasi mereka dalam
kehidupan dan merupakan kehidupan sosial mereka dengan lingkungan. Selain itu
Blackberry salah satu brand terkenal di Indonesia dan penggunanya kian
meningkat sehingga banyak informasi-informasi penting yang di share lewat BBM.
3.
Loyalty Blackberry
Konsumen
pengguna Blackberry mempunya ketertarikan masing-masing dalam menggunakan
produk Blackberry. Baik dia tertarik dalam segi desain ,features,
ke-pratisannya,manfaatnya, atau karena kegengsiandengan lingkungan dan
sebagainya.
4.
Perceived Quality Blackberry
Dari segi ke unggulan, blackberry
unggul dalam Blackberry Mesangger atau yang sering di sebut sebagai BBM. Sebagian
besar orang indonesia menganggap bahwa BBM sangat penting dalam berkomunikasi,
mendapatkan info lowongan kerja, berbisnis dan sebagainya. Sehingga keunggulan
dari Blackberry ini kerap di tiru oleh produk mobile phone lainnya seperti
Nexian Mesangger , dll.
5.
other assets
1.
Keunggulan Bersaing
Blackberry mampu bersaing dengan merk
Handphone lainnya walaupun jika di bandingkan dengan handphone lain blackberry
hanya unggul dari segi BBM saja. Sedangan dari segi yang di katakan dengan
label “smartphone” Blackberry masih kalau jauh dibandingkan dengan android,
iphone dsb.
2.
Merk Dagang
Menjadi merk dagang yang paling
terlaris di Indonesia karena pengguna Blackberry terus meningkat, sehingga
mengubah presepsi penggunanya bahwa semua orang pasti memakai blackberry dengan
selalu menanyakan nomor PIN terlebih dahulu.
0 komentar:
Posting Komentar