Memulai Bisnis Desain Grafis

Memulai Bisnis DG

Bisnis DG
1. Pemecahan masalah ekspresi diri & ekspresi pribadi, mengatasi masalah bisnis & komunikasi.
2. Bukan hanya membuat desain sesuai permintaan klien, tapi juga layanan strategis & konsultasi pada klien untuk lingkunan kompetitif
3. Dinilai dan dihargai berdasarkan estetika desain dan sasaran bisnis yang spesifik
4. Melibatkan beragam media : cetak, elektronik, online, luar ruang.
5. Membutuhkan team work dan bermacam disiplin ilmu

Bisnis DG
1. Perencanaan bisnis : Perkiraan modal
2. Sumber daya : manusia dan peralatan
3. Keahlian : kualitas

Perencanaan Bisnis
-Deskripsi singkat estimasi modal yang dibutuhkan (alat,SDM,tempat) -> sasaran dan tujuan bisnis.
-Memberi gambaran jelas seluk beluk bisnis -> memudahkan arah haluan bisnis dan cara mencapainya.
-Berfungsi untuk memudahkan dalam menjalankan usaha.
Sebagai pedoman dan mengukur sejauh mana keberhasilan bisnis yang telah dicapai.
-Analisa SWOT -> strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis, serta mengerahkan situasi yang ada.

Perkiraan modal
-Sebagai portal untuk memulai bisnis
-Mendukung kompetensi bidang DG dan kemampuan bisnis
-Besar kecilnya tergantung skola bisnis yang dijalankan
-Komponen:
1. Peralatan tetap: komputer, internet, meja, kursi, dll.
2. Tempat usaha: ruang kerja, untuk meeting (pribadi,rahasia)
3. Ijin usaha: legal secara hukum, bayar pajak
4. SDM : ahli dan terampil ->kualitas desain
5. Promosi : melalui berbagai media agar dikenal

Sumber daya yang diperlukan
1. SDM:
-Sebagai pelaksana bisnis (owner & employee)
-Latar belakang pendidikan yang sesuai dan kompeten
-Personality, attitude,loyalitas
-Reward yang sesuai level dan beban kerja serta prestasi

2. Sumber Daya Peralatan
-Komputer dan printer dengan spek tertentu
-Software grafis
-Menunjang waktu pengerjaan

3. Kemampuan Yang Harus Dimiliki
-Mampu menemukan dan mengembangkan ide kreatif kedalam media gambar yang komunikatif dan informatif
-Latar belakang pendidikan formal dan nonformal
-Practice Make Perfect
-Mempengaruhi kualitas desain ->harga
-Sang ahli -> paham teori dan jago praktik -> desain komunikatif dan informatif, bukan sekedar kombinasi gambar, teks dan warna saja.

Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Klien (pelanggan)
1. Sistem keluhan dan saran -> Kuesioner
2. Survey kepuasan pelanggan secara berkala
3. Ghost shopping atau Mistery Shopper 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar